Handicap Internasional Adakan Training Pembuatan Desain Bangunan Aksesibel

IBN 15 Juni 2017 14:13:50 WIB

Plembutan (SID) - Hari Rabu tanggal 14 Juni 2017 bertempat di Ruang Koordinasi Kantor Kepala Desa Plembutan, Handicap Internasional (HI) menyelenggarakan kegiatan Training Pembuatan Desain Bangunan yang Aksesibel. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan implementasi project Advocacy for Cahange (AfC)tahap ke 3. Selain HI, acara ini juga terselenggara berkat dukungan CIQAL dan Perkumpulan IDEA yang merupakan mitra utama dari HI.

Training ini sendiri diikuti oleh Pemerintah Desa, dan Pemborong/kontraktor desa dari Desa Plembutan, Desa Beji dan Desa Nglipar, serta pemerintah kecamatan dan pemborong / kontraktor kecamatan dari kecamatan Pathuk, Playen dan Nglipar. Selain untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai dasar-dasar bengunan yang aksesibel dan sesuai prinsip universal, acara ini juga dimaksudkan untuk memastikan bangunan fisik yang aksesibel harus menjadi bagian dari pertimbangan dalam pembangunan sarana publik desa dan kecamatan.

Bukan hanya membahas tentang bangunan, dalam acara ini mbak Dewi selaku perwakilan dari HI juga menyampaikan pengertian dasar dan hal-hal yang berkaitan dengan disabilitas, kebutuhan dasar serta perbedaan disabilitas dan ketunaan. Narasumber dalam training yang dilangsungkan sejak pukul 09.00 WIB ini adalah Bpk Wijang, dalam penyampaian materi Pak Wijang banyak memberikan gambaran-gambaran seperti apa keterbatasan-keterbatasan penyandang disabilitas dalam mengakses fasilitas umum. Banyak hal-hal kecil yang mungkin kurang disadari kurang terperhatikan saat mendesain bangunan fasilitas umum, misalnya saja pintu toilet yang menyulitkan pengguna kursi roda, urinoir yang terlalu tinggi bagi orang yang badannya pendek, rambu-rambu yang tidak terbaca oleh penyandang masalah netra, dan contoh-contoh lainnya.

Dari training ini diharapkan peserta mampu mempertimbangkan aspek aksesiilitas dan desain universal dalam pembangunan di desa dan kecamatan baik dalam membuat bangunan baru maupun dalam memperbaiki bangunan yang sudah ada.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT