Aksesibilitas Untuk Semua, Alur Pelayanan Format Braille Kini Tersedia di Kantor Desa Plembutan

IBN 10 Oktober 2017 12:03:33 WIB

Plembutan (SID) - Aksesibilitas adalah kemudahan yang disediakan bagi difabel termasuk lansia dan anak-anak guna mewujudkan kesamaan kesempatan dalam aspek kehidupan dan penghidupan. Aksesibilitas ini bukan hanya dalam bentuk fasilitas insfrastruktur namun juga aksesibilitas informasi. Oleh karenanya, selain menyediakan jalur pemandu, ram, handrail dan toilet disabilitas kini Pemerintah Desa Plembutan juga menyediakan alur pelayanan dalam format braille.

Dokumen alur pelayanan dalam format braille ini merupakan salah satu hasil assesmen aksesibilitas yang telah difasilitasi oleh Handicap International (HI) pada bulan Juni yang lalu. 

beritanya bisa klik disini

Sebagaimana diketahui, Kantor Kepala Desa Plembutan adalah satu objek pengamatan dalam Assesmen Aksesibilitas tersebut, komendasi yang dihasilkan dari pengamatan tersebut antara lain :

  1. Perlu disediakan jalur pemandu yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan. (guiding block dari jalan masuk sampai tempat pelayanan)
  2. Perlu disediakan parkir untuk penyandang disabilitas (rambu parkir penyandang disabilitas)
  3. Perlu disediakan dokumen informasi alur proses pelayanan dalam format braille (informasi alur pelayanan versi braille)

Dokumen alur pelayanan ini sendiri berisi tentang alur pelayanan administrasi serta persyaratan / kelengkapan berkas yang dibutuhkan. Pelayanan administrasi yang dimaksud dalam hal ini antara lain pelayanan Kartu Keluarga, KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Ijin keramaian, Pengantar SKCK, dll.

Melalui penyediaan faslitas aksesibel di Balai Desa Plembutan ini, diharapkan dapat mewujudkan kemandirian dan menciptakan lingkungan yang ramah bagi semua orang, termasuk penyandang cacat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT