Pelatihan Membatik

IBN 23 Oktober 2017 12:28:49 WIB

Plembutan (SID) - Hari Senin dan Selasa tanggal 23 & 24 Oktober 2017 Pemerintah Desa manyelenggarakan Pelatihan membatik. Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan APBDesa 2017 pada bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa. Seperti telah diketahui bahwa pada tahun ini di APBDes terdapat satu kegiatan Pemberdayaan Bagi Warga Difabel, dan bentuk kegiatannya berupa pelatihan membatik. Peserta dalam pelatihan ini berasal dari FDD dan Kelompok Mutiara Plembutan.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini, para peserta diberi pemahaman tentang batik tulis yang merupakan warisan budaya bangsa yang diakui UNESCO. Selain melestarikan budaya bangsa, dari kegiatan membatik ini juga bisa menambah pengasilan dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku batik. Bukan sekedar pengetahuan tentang batik, namun juga dalam praktek pembuatan batik mulai dari desain sampai pewarnaan. Warna yang diperkenalkan kepada para peserta dalam pelatihan ini adalah pewarna alami, bukan pewarna sintetis. Narasumber juga mengemikakan untuk memperoleh warna yang dapat dimanfaatkan dalam pewarnaan batik, kita bisa memanfaatkan bahan - bahan alami seperti kulit manggis, kulit jengkol, daun jati, daun pacar serta bahan alami lainnya. Sisa dari pewarna alami yang dimanfaatkan dalam proses pewarnaan ini juga aman bagi lingkungan, bahkan bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Dari pelatihan membatik ini diharapkan dapat memancing keingintahuan warga khususnya peserta pelatihan dalam berwirausaha daam bidang produksi batik. Pelatihan membatik ini sendiri merupakan salah satu usulan yang diangkat di musyawarah penggalian gagasan dan diprioritaskan pada saat musrenbangdes. Diharapkan untuk kedepan dapat muncul usulan-usulan berkualitas lainnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT