Usaha Ekonomi Produktif Sub Karang Taruna Jaya Dusun Plembutan Barat

David Safri Anggara 31 Maret 2021 21:27:49 WIB

SIDA PLEMBUTAN – Dalam upaya mendorong peningkatan ekonomi generasi muda, Sub Karang Taruna Dusun Plembutan Barat membentuk program usaha ekonomi produktif (UEP) berupa budidaya ikan dan pemancingan.

Usaha ekonomi produktif (UEP) Karang Taruna Padusunan Plembutan Barat ini dibuat dengan memanfaatkan lahan “lungguh” atau kas desa. Awal mulanya tanah lungguh tersebut dipenuhi oleh alang alang dan kontur tanahnya penuh batu kerikil sehingga tidak bagus untuk digunakan sebagai pertanian.

Namun Tanah seluas 800 meter persegi tersebut secara bertahap diubah menjadi kolam ikan oleh karang taruna waktu kerja bakti. Slamet selaku Ketua Karang Taruna Jaya Padusunan Plembutan Barat menjelaskan bahwa awalnya kolam ikan itu hanya dipelihara oleh sebagaian pemuda yang hobby mancing.

“Pas awal dulu pernah dijeguri ikan tapi akhirnya gagal panen karena tidak terawat, namun kemudian temen temen lain iseng mencari bibit nila, lha lainya malah tertarik, akhirnya dianggarkan dengan kas karang taruna” ujar Slamet (29/3/2021)

Biasanya ikan yang telah berhasil dibudidaya akan dipancingan oleh karang taruna, namun karena sumber air utama kolam ini hanya mengandalkan sistem tadah hujan dalam setahun hanya mampu dipancingkan (panen) sebanyak 2 - 3 kali.

Meskipun demikan usaha ekonomi produktif dari karang taruna ini disambut antusias baik oleh tokoh masyarakat maupun khalayak umum. Hampir setiap masa panen (dipancingkan) banyak orang yang antri untuk ikut atau hanya sekedar menikmati pemancingan.

Sekali panen karang taruna mampu menghasilkan pendapatan dari ratusan sampai jutaan rupiah. Uang tersebut nantinya akan dimasukan kembali ke kas karang taruna untuk kemudian diputar menjadi usaha usaha lainya.  

Slamet selaku Ketua Karang Taruna Jaya berharap semoga kedepanya usaha kolam ini semakin maju, mampu menjadi wadah pemuda untuk belajar berwirausaha sekaligus menjadi pemantik untuk memunculkan ide usaha lainya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT