PELATIHAN PENGOLAHAN MAKANAN DARI MOCAF/ CASAVA

Arrosikh 10 Juni 2021 08:42:39 WIB

SIDA PLEMBUTAN – Rabu (02/06/2021) Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan pelatihan pengolahan makanan bagi ibu-ibu PKK Kalurahan Plembutan. Pelatihan pengolahan makanan berbasis potensi lokal yaitu mocaf/ casava yang sering dikenal dengan nama tepung ketela. Program ini merupakan program sektoral masuk ke desa dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gunungkidul bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan produktifitas ibu-ibu PKK Kalurahan Plembutan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pelatihan dilaksanakan selama empat hari mulai Hari Rabu (02/06/2021) sampai Hari Sabtu (05/06/2021). Hari pertama akan dimulai dengan pembukaan dan penyampaian materi oleh narasumber. Untuk hari kedua sampai hari keempat akan diisi dengan kegiatan praktek.

Acara dibuka oleh Bapak Nur Basuki Kabid Koperasi dan Plt Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gunungkidul. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang ketahanan UMKM di tengah pandemi covid-19. Untuk itu diperlukan inovasi produk oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan potensi lokal.

Kasi Promosi dan Pemasaran Bidang, Ibu Kris Mularsih juga menyampaikan tentang pentingnya pemasaran produk UMKM. Untuk itu sangat dibutuhkan promosi produk yang dihasilkan. Pada zaman seperti sekarang ini pemasaran secara online sangat diperlukan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Turut hadir dalam acara ini Jawatan Praja Kapanewon Playen Bapak Riyanta, S.IP. Beliau menyampaikan bahwa program ini adalah tindaklanjut dari usulan E Musren tahun 2021 yang diajukan oleh Pemerintah Kalurahan Plembutan. Walaupun banyak program lain yang direcofusing karena dampak covid-19, syukur program pelatihan ini tetap bisa dilaksanakan.

Semua tahapan kegiatan dilaksanakan dengan tetap mentaati protokol kesehatan dengan selalu mengarahkan peserta menggunakan masker, selalu mencuci tangan, dan sudah menata tempat duduk dengan menjaga jarak.

Kegiatan berjalan dengan tertib dan aman selama empat hari. Kegiatan pelatihan ini ditutup oleh Lurah Plembutan Dra. Edi Supriyanti. Beliau berpesan agar ibu-ibu PKK tetap produktif dan kreatif menghasilkan produk makanan olahan berbahan lokal, dan ilmu yang didapat selama pelatihan ini bisa ditularkan kepada warga masyarakat lain yang belum mengikuti pelatihan agar ilmu yang didapatkan menjadi lebih bermanfaat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT