EVALUASI LUMBUNG MATARAMAN KWT NGUDI LESTARI

Arrosikh 15 Juni 2021 14:45:37 WIB

SIDA PLEMBUTAN - Selasa (15/6/2021), Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pertanian dan Pangan menetapkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Lestari Padukuhan Plembutan Barat, Kalurahan Plembutan, Kapanewon Playen mengikuti Verifikasi Lumbung Mataraman. KWT Ngudi Lestari berhasil mengubah pekarangan kering menjadi kebun yang ditanami sayur, buah, pembibitan sayur dan budidaya lele.

Tim Verifikasi Lumbung Mataraman yaitu Ketua Joglo Tani Indonesia Bapak TO Suprapto, Team Penggerak PKK DIY Ibu Asyantini, Wakadin DPKP Ibu Syam Arjayanti, Kabid Ketahanan Pangan Bapak Bambang, Paniradyo DIY Ibu Eka Suryanti, Dinas Kesetan DIY Ibu Maryanti, dan BPTP DIY Bapak Isro Hariyadi. Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Bapak Bambang Wisnu Broto, Jawatan Praja Kapanewon Playen Bapak Riyanta, S.I.P., dan Lurah Plembutan Ibu Dra. Edi Supriyanti.

Dalam sambutannya, Lurah Plembutan Dra. Edi Supriyanti menyampaikan selamat datang kepada Tim Verifikasi dan semua tamu undangan. Ucapan terimaksih disampaikan kepada semua undangan yang telah berkenan hadir dalam acara pagi hari ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Ir. Bambang Wisnu Broto saat menerima rombongan Tim Verifikasi Lumbung Mataraman, menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terimakasih atas kehadiran Tim Verifikasi. Beliau juga menuturkan bahwa KWT Ngudi Lestari melakukan pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman kebutuhan keluarga, seperti sayuran, buah-buahan, bahan tanaman rempah, pembibitan sayuran, dan budidaya ikan lele. Selain itu, beliau mengingatkan kembali tentang slogan lumbung mataraman, “makan apa yang kamu tanam, dan tanam apa yang kamu makan.”

Hasil budidaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan gizi keluarga, menghemat pengeluaran dan dapat memberikan tambahan pendapatan keluarga
“Kami menilai Kelompok Wanita Tani Ngudi Lestari telah melaksanakan kegiatan yang berkesinambungan dari tahun ke tahun, sehingga pantas mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam verifikasi lumbung Mataraman,” kata Ir. Bambang Wisnu Broto.

Lebih lanjut beliau berharap untuk kedepannya, kebun ini bisa dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata  di Kalurahan  Plembutan, dengan penambahan sarana dan prasarana pendukungnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua KWT Ngudi Lestari Suwarti menyampaikan tentang profil KWT Ngudi Lestari, dan juga permasalahan yang dihadapi. Permasalahan utama yang dihadapi adalah permasalahan irigasi.

Ketua Tim Verifikasi T.O. Suprapto menyampaikan bahwa kegiatan ini bukanlah bersifat lomba untuk mencari juara semata, namun sebagai upaya evaluasi pelaksanaan kegiatan Lumbung Mataraman di tiap kelompok tani yang dipilih oleh Kabupaten/ Kota di DIY. Eksistensi kelompok tani akan dievaluasi lagi perkembanganya tiga tahun kedepan atau tahun 2024. Selain itu semoga akan ditemukan solusi permasalahan yang dihadapi.

“Evaluasi ini merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas kelompok tani dalam pelaksanaan Lumbung Mataraman. Ada tiga aspek yang akan dievaluasi antara lain aspek administrasi, aspek ekonomi, dan aspek teknis,” tutur T.O. Suprapto.

Pada akhir acara dilanjutkan dengan evalusi dan masukan dari Tim Verifikasi yang diwakili oleh Bu Asyantini. Beberapa evaluasi yang disampaikan antara lain perlu adanya penyusunan program jangka menengah dan jangka panjang, dan penambahan pembibitan yang dinilai sangat kurang jumlahnya. Tim verifikasi juga berpesan agar KWT Ngudi Lestari jangan berhenti berkarya dan semoga bisa diikuti oleh padukuahan lainnya di Kalurahan Plembutan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan tetap mentaati protokol kesehatan yang ketat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT