KEMBANGKAN MINAT MEMBACA, MAHASISWA KKN UAD MEMBUAT TAMAN BACAAN MASYARAKAT di TOBOYO BARAT

IBN 28 Februari 2023 13:29:56 WIB

SIDA PLEMBUTAN - LITERASI  - Membaca memiliki peran penting dalam kehidupan yang semakin kompleks saat ini, sehingga kemampuan membaca memiliki tuntutan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Taman Bacaan Masyarakat adalah tempat/wadah yang didirikan dan dikelola,baik oleh masyarakat, pemerintah maupun komonitas tertentu untuk memberikan akses layanan bahan bacaan kepada masyarakat upaya ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia dengan mendorong tumbuhnya minat membaca.

Seperti yang dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler 101 (KKN-R 101) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Unit XXII.D.2 merealisasikan konsep perpustakaan desa atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Padukuhan Toboyo Barat,Plembutan, Playen Gunungkidul.  Program Taman Baca tersebut bertajuk “ MENINGKATKAN MINAT LITERASI MASYARAKAT TOBOYO BARAT DENGAN ADANYA TAMAN BACAAN MASYARAKAT”. Tujuan didirikannya Taman Bacaan Masyarakat ini yaitu untuk memberikan wadah bagi masyarakat umum dan anak-anak pada khususnya, yang berasal dari padukuhan Toboyo Barat  untuk meningkatan minat baca, science literacy serta keterampilan berpikir guna menghadapi tantangan di masa depan.

Unit KKN UAD XXII.D.2 ini, mengawali program kerja Taman Bacaan Masyarakat ini dengan mengumpulkan buku yang masih layak baca, dan mengadakan rak buku selanjutnya membuat petunjuk arah TBM.

Dalam pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis-Jumat  (23,24-02-2023), pada hari kamis, unit KKN UAD XXII.D.2 membuka dan meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) kepada kepala Padukuhuan Toboyo Barat. Sedangkan pada hari Jumat, unit KKN UAD XXII.D.2 mengajak anak-anak desa untuk melakukan Bimbingan belajar sekaligus mengenalkan Taman bacaan Masyarakat yang diharapkan agar anak-anak dukuh Toboyo Barat memiliki minat belajar di Taman Bacaan Masyarakat.

Dengan dilaksanakannya program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini, dapat  memberikan contoh kepada padukuhan lain sehingga akan lebih banyak lagi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di padukuhan-padukuhan lainnya yang ada di kelurahan Plembutan.

Lestiana mewakili teman-temannya berharap dengan adanya program ini memberikan manfaat kepada masyarakat dan anak-anak pada khususnya.

“ Diadakannya Taman Bacaan Masyarakat ini diharapkan dapat menambahkan minat membaca masyarakat dan anak-anak pada khususnya sehingga menumbuhkan rasa semangat  menambah wawasan, memiliki growth mindset, berani menghadapi tantangan yang baru.” Ungkap Lestiana. Sekretaris Unit KKN

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

kontributor : unit KKN UAD XXII.D.2

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Kampus 1: Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Kampus 2: Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
Kampus 3: Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
Kampus 4: Jl.Ringroad Selatan, Yogyakarta
Kampus 5: Jl. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta

Kontak

Email: info@uad.ac.id
Telp. : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT