KKN UAD SELENGGARAKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS BERSAMA PUSKESMAS PLAYEN II DI WIYOKO SELATAN

IBN 01 Maret 2023 13:45:36 WIB

SIDA - Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa untuk menciptakan masyarakat yang peduli akan kesehatan, Senin, 27 Februari 2023, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler-101 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XXII.D.1 menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan secara gratis di Dusun Wiyoko Selatan, Plembutan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Mahasiswa KKN UAD bekerja sama dengan Puskesmas Playen II untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan tersebut berupa tensi darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Dimana untuk asam urat sendiri disiapkan dari Mahasiswa KKN UAD. Sebelum pemeriksaan kesehatan, dilakukan pengecekan antropometri terlebih dahulu, seperti berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut. 

Raudatul Jannah, salah satu mahasiswa KKN menyampaikan bahwa program pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat wiyoko selatan merupakan salah satu program kerja yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang peduli akan kesehatan.

“Pemeriksaan kesehatan ini merupakan program unggulan dari unit XXII.D.1 yang meliputi empat RT di Dusun Wiyoko Selatan yakni RT 37, 38, 39, dan 40, dengan sasaran 60 orang” jelas Raudatul.

Ali Suherman, salah satu warga Wiyoko Selatan mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini, “kurang lebih sudah 5 tahun saya tidak cek kesehatan, dengan adanya program ini saya dapat mengetahui hasilnya dan bisa berhati-hati dalam menjaga pola makan” ujarnya.

Petugas puskesmas juga ikut aktif dalam memberikan saran kepada beberapa masyarakat yang memiliki permasalahan kesehatan seperti pada asam urat salah satunya “kurangi makanan jenis kacang-kacangan dan jeroan, konsumsi air putih yang banyak, dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat” ujarnya.

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

kontributor : unit KKN UAD XXII.D.1

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Kampus 1: Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Kampus 2: Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
Kampus 3: Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
Kampus 4: Jl.Ringroad Selatan, Yogyakarta
Kampus 5: Jl. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta

Kontak

Email: info@uad.ac.id
Telp. : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT