KKN UAD BERSINERGI DENGAN KOLITAS KEMBANGKAN TBM DI PLEMBUTAN TIMUR

IBN 02 Maret 2023 05:52:05 WIB

SIDA PLEMBUTAN - LITERASI - Saat ini kurangnya minat baca masyarakat di kalangan para remaja bahkan orang tua disebabkan karena informasi yang sekarang dapat diakses secara cepat dengan melalui media elektronik seperti handphone, dan lain-lain. Dan menurut remaja sekarang membaca merupahan hal yang sangat membosankan. Hal ini menyebabkan minat membaca di masyarakat Indonesia yang tergolong sangat rendah terutama pada anak-anak dan remaja. Padahal membaca sangatlah penting di dalam kehidupan bermasyarakat yang semakin kompleks. Membaca merupakan salah satu langkah awal perjalanan menuju pencerahan. Kegiatan membaca ini juga dapat menciptakan generasi muda yang kreatif, produktif, dan inovatif sehingga mampu menghadapi dan menyelesaikan tantangan pembangunan di masa yang akan datang. Terciptanya masyarakat dan bangsa yang cerdas merupakan tonggak utama dan bahkan menjadi modal utama bagi pembangunan bangsa dan negara. Dalam hal ini, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan salah satu layanan pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan budaya baca. Taman Baca Masyarakat (TBM) berfungsi sebagai sarana perpustakaan bagi masyarakat yang lebih dekat dengan masyarakat.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler 101 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Unit XXII.C.1 bersinergi dengan KOLITAS (Komunitas Literasi Anak Singkong) merealisasikan konsep Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Padukuhan Plembutan Timur, Plembutan, Playen, Gunung Kidul tepatnya di Plembutan Timur RT 13/RW 04 Plembutan, Playen. Program Taman Bacaan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat mahasiswa KKN UAD di kecamatan Playen. Tujuan didirikannya taman bacaan adalah untuk memberikan tempat atau ruang bagi masyarakat dan anak-anak khususnya di daerah Plembutan Timur untuk meningkatkan semangat dan ketertarikan dalam hal membaca, serta kemampuan berpikir untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

Langkah awal yang dilakukan dalam mendirikan taman baca ini yakni menghibahkan beberapa buku layak baca, rak buku, papan tulis, serta pembuatan banner. Pada pelaksanaannya, kegiatan dimulai pada hari Rabu tgl 01 Maret 2023. Selanjutnya, kami memperkenalkan kepada masyarakat terkait Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang telah didirikan dengan tujuan agar masyarakat semakin meningkatkan minat membaca sehingga taman baca yang telah didirikan diharapkan banyak yang meminatinya dan banyak yang mendatangi taman baca untuk meminjam serta membaca buku.

Dengan adanya program taman baca masyarakat, semoga dapat bermanfaat dan berkelanjutan seiring berjalanya waktu. Dan diharapkan dengan adanya program ini, dapat meningkatkan budaya minat membaca bagi masyarakat terutama Plembutan Timur baik orang tua maupun anak-anak sehingga meningkatkan terciptanya sumber daya manuasia yang berkualitas dan terpelajar di Indonesia.  Bagi rekan-rekan yang juga mendukung serta ingin mendonasikan buku atau bahan baca yang edukatif dan lain-lain yang bisa mendukung keberlanjutanya program ini, dapat menghubungi melalui 087739354466 sebagai koordinator taman baca.

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

kontributor : KKN UAD Unit XXII.C.1

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Kampus 1: Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Kampus 2: Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
Kampus 3: Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
Kampus 4: Jl.Ringroad Selatan, Yogyakarta
Kampus 5: Jl. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta

Kontak

Email: info@uad.ac.id
Telp. : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT