KKN UAD KEMBANGKAN TBM DI NGASEM SELATAN

IBN 03 Maret 2023 14:55:34 WIB

SIDA PLEMBUTAN - LITERASI - Taman Baca Masyarakat (TBM) merupakan sarana pengembangan budaya baca. Kehadiran TBM sebagai tempat yang menyediakan berbagai bahan bacaan, seperti buku pelajaran, buku ketrampilan, buku pengetahuan, buku keagamaan, ensiklopedi dan majalah. Di dalam Buku Pedoman Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat (2006:9), dikemukakan bahwa TBM merupakan sebuah tempat/wadah yang didirikan dan dikelola, baik oleh masyarakat maupun pemerintah untuk memberikan akses layanan bahan bacaan kepada masyarakat sekitar sebagai sarana pembelajaran seumur hidup dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat di sekitar TBM.

Di dalam buku pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (2006:2), dijelaskan bahwa fungsi TBM adalah sebagai (1) sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri dan penunjang kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah, khususnya program keaksaraan; (2) sumber informasi yang bersumber dari berbagai buku dan bahan bacaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat; (3) sumber penelitian (studi kepustakaan) dengan memanfaatkan buku-buku dan berbagai bahan bacaan lainnya yang tersedia, (4) sumber rujukan yang menyediakan bahan referensi bagi pembelajaran dan kegiatan akademik lainnya; (5) sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan bahan-bahan bacaan yang sifatnya rekreatif untuk memanfaatkan waktu senggang guna memperoleh pengetahuan/informasi baru yang menarik dan bermanfaat.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 101 Universitas Ahmad Dahlan Unit XXII.B.1 merealisasikan TBM di Padukuhan Ngasem Selatan, Plembutan, Playen, Gunung Kidul tepatnya di MI Muhammadiyah Ngasem Selatan. TBM merupakan salah satu program kegiatan kepada masyarakat mahasiswa KKN UAD se kecamatan Playen. Adanya TBM di Ngasem Selatan bertujuan agar minat membaca meningkat, sehingga dengan didirikannya TBM ini diharapkan masyarakat datang untuk membaca dan meminjam buku.

 

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

kontributor : KKN UAD - Unit XXII B.1

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Kampus 1: Jln. Kapas No. 9 Yogyakarta
Kampus 2: Jl. Pramuka 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta 55161
Kampus 3: Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta 55164
Kampus 4: Jl.Ringroad Selatan, Yogyakarta
Kampus 5: Jl. Ki Ageng Pemanahan 19, Yogyakarta

Kontak

Email: info@uad.ac.id
Telp. : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Fax. : (0274) 564604

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT