Magister PSdK UGM Ajak Diskusi Pemuda Plembutan Barat Tentang Aktivisme Pemuda

David Safri Anggara 11 Maret 2023 21:37:10 WIB

SIDA Plembutan - (11/03/2023) Mahasiswa Magister Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada melakukan sharing session bersama dengan pemuda Dusun Plembutan Barat. Agenda ini merupakan salah satu program dari makul Analisis Sosial dan CSR, Pemberdayaan dan Pembangunan Sosial yang diampu oleh Dr.Silverus Djuni Prihatini. Dalam acara ini mahasiswa dipertemukan dengan pemuda untuk saling bertukar pengalaman, mengorek permasalahan dalam aktivisme pemuda desa untuk kemudian dijadikan solusi dalam pembangunan. 

Diskusi dilaksanakan di Balai Padusunan Plembutan Barat, Plembutan, Playen, Gunungkidul. Pak Joko Mulyono selaku dukuh membuka acara ini sekaligus memberikan pengantar tentang perkembangan pemuda di Dusun Plembutan Barat dan kondisi sekarang yang mulai menurun. Setelah itu pak Djuni selaku dosen memberikan pengantar terkait arah kepemudaan untuk membuat kemajuan di desa. Acara selanjutnya dilanjutkan presentasi kegiatan pemuda yang dilakukan oleh Mia Rahma selaku perwakilan dan dilanjutkan diskusi. Pemuda dan Mahasiswa sangat aktif dalam sharing session ini, berbagai  permasalahan yang coba diulik seperti kurangnya minat pemuda berkegiatan sosial, adanya gap antar generasi pemuda, mimpi mimpi besar dusun atau desa hingga bagaimana pemuda bisa memberikan dampak ekonomi antar sesamanya.

Setelah cukup lama berdiskusi semua melanjutkan acara dengan berkeliling untuk melihat asset pemuda seperti kolam ikan, taman baca, gamelan, lapangan volly dan lain lain. Acara dilanjutkan dengan berjalan menuju KWT Ngudi Lestari sekaligus memetakan potensi yang ada di Dusun Plembutan Barat.  Sesampainya di lokasi pemuda, mahasiswa dan kelompok wanita tani juga saling berdiskusi terkait dengan permasalahan yang sering terjadi. Di Penghujung acara semua kembali ke Balai Dusun untuk mendiskusikan terkait temuan temuan yang didapatkan untuk direalisasikan selanjutnya. Melalui kegiatan ini harapannya pemuda bisa mendapatkan tambahan pengetahuan sekaligus mampu memicu konflik positif untuk mengembangkan ide ide kreatif dalam pembangunan desa.



Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT