Mengenal Lebih Dekat UMKM Tempe Tradisinonal Padukuhan Toboyo Timur

Ratna Dewi 01 Agustus 2023 09:16:19 WIB

Plembutan, SIDA -- Kegiatan KKN PPM UGM pada tahun 2023 mengunjungi salah satu UMKM yang ada dalam Padukuhan Toboyo Timur. UMKM tersebut adalah UMKM tempe dengan proses yang  masih tradisional. UMKM tempe tradisional di salah satu rumah warga RT 27 Padukuhan Toboyo Timur telah mulai memproduksi tempe dengan cara tradisional lebih dari 50 tahun. Di wawancari pada (31/07/23) Mbah Sakiyem (pemilik UMKM)  menjelaskan sebagai generasi pertama yang mulai memproduksi tempe. Rasa yang otentik membuat para pelanggan tempe Mbah Sakiyem memilih untuk membeli tempe buatan Mbah Sakiyem. Tempe diproduksi  dari kedelai lokal. Diketahui bahwa Mbah Sakiyem masih mempertahankan ketradisionalan tempe buatan beliau karena pembeli lebih menyukai tempe dengan cita rasa tradisional.

 

Sudah pernah mbak menggunakan ragi instan, tetapi pembeli tidak suka oleh rasa tempenya.” Tutur Mbah Sakiyem.  Pembeli pernah memberikan masukan saat adanya salah satu bahan dalam tempe yang diganti dengan bukan bahan tradisional karena tempe menjadi pahit. Tempe yang diproduksi biasanya akan dijual di Pasar Wiyoko pada pasaran hari legi dengan jumlah yang terbatas. 

 

Mahasiswa KKN PPM UGM mencoba untuk membuat video promosi digital untuk mengenalkan adanya UMKM khususnya di daerah Plembutan dalam salah satu video Tiktok yang diunggah pada akun @umkm.plembutan. Dalam video tersebut, menjelaskan secara detail mengenai proses awal dalam pembuatan tempe tradisional Mbah Sakiyem.  Prosesnya awal dimulai dari perendaman selama 30 menit, dilanjutkan dengan perebusan selama 30 menit. Setelah proses perebusan dilakukan pendinginan agar kedelai tidak layu. Proses dilanjutkan  dengan pemecahan ari-ari dan pengukusan selama 20 menit. Setelah dikukus, kedelai didinginkan seharian dan dilanjutkan dengen pemberian ragi secara tradisional lalu tempe dapat dibungkus.  Dengan adanya promosi digital yang diunggah dalam platform Tiktok diharapkan dapat memajukan UMKM yang ada di Kalurahan Plembutan.

Penulis : Eka Tri Nurul H — KKN PPM UGM 2023
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT