DAPTV Inisiasi Potensi Kerjasama UMKM dan BUM Desa Raharjo Plembutan

IBN 13 Desember 2023 05:30:24 WIB

SIDA - Selasa malam 12 Desember 2023 Direktorat Akademik Perguruan Tinggi Vokasi (DAPTV) menginisiasi potensi kerjasama antara BUM Desa Raharjo Plembutan dengan UMKM yang tumbuh dan berkembang di Kalurahan Plembutan. Pada kesempatan ini DAPTV yang diwakili oleh Ir. Sutoyo, S.Pd.T, M.Eng menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sasaran dari kegiatan ini adalah terbukanya potensi kerjasama antara BUMDes dan pelaku UMKM yang ada di Kalurahan Plembutan. Peserta dalam kegiatan ini antara lain Pengurus dan Pengawas BUMDes, Pemerintah Kalurahan, BAMUSKAL dan Pelaku UMKM. 

Lurah Plembutan (Bp. Sukono) dalam sambutannya berharap agar kegiatan yang difasilitasi oleh UMY ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan tujuan agar terjalin komunikasi dan terlaksana langkah-langkah koordinatif sehingga kedepannya dapat terjalin kerjasama antara BUMDes dengan UMKM yang tumbuh dan berkembang di Kalurahan Plembutan. Kegiatan yang mempertemukan pengurus BUM Desa Raharajo Plembutan, BAMUSKAL Plembutan, Pemerintah Kalurahan Plembutan dan pelaku UMKM ini berlangsung cukup menarik dan diakhiri dengan diskusi rencana tindak lanjut.  

Carik Plembutan (Ibnu Hajar) selaku pemateri membedah secara ringkas Anggaran Dasar BUM Desa Raharjo dan memaparkan potensi pengembangan serta potensi kerjasama antara BUMDes dan UMKM. Dan penting untuk diketahui bersama bahwa Pemerintah Kalurahan Plembutan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir mulai memperkenalkan Produk Unggulan Kalurahan (Prukal) berupa produksi kerajinan/mebel berbahan dasar limbah jati/ranting jati. Kerajinan yang ditekuni oleh salah satu warga Plembutan Timur (Mas Kus) ini dipandang unik dan menarik karena mampu menyulap limbah jati menjadi berbagai barang dengan nilai ekonomis lebih tinggi. Usaha seperti milik Mas Kus dan berbagai jenis usaha lainnya yang tumbuh di Kalurahan Plembutan diharapkan dapat ditampung oleh BUMDes sehingga mampu bertahandan berkembang. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT