Bimbingan Teknis KPPS Untuk Pemilihan Umum Tahun 2024

Deny Ratnaningrum 28 Januari 2024 13:00:29 WIB

SIDA, Plembutan.  Minggu, 28 Januari 2024 PPS Kalurahan Plembutan menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi 112 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Bimtek Pemilu 2024 yang menghadirkan seluruh anggota KPPS se Kalurahan Plembutan (tujuh orang tiap TPS) ini diselenggarakan di RM Griya Dahar Keluarga Sambel Galak.

Selama sesi bimtek, Anggota PPS Kalurahan Plembutan yang didampingi oleh PPK Kapanewon Playen memaparkan pengetahuan teknis, prosedur, dan mekanisme pelaksanaan Pemilu mulai dari persiapan TPS, pencoblosan, penghitungan suara hingga cara menggunakan Aplikasi SIREKAP. Narasumber juga menyampaikan contoh kasus-kasus yang rawan terjadi di Pemilu 2024 dan cara menyelesaikannya.

Bimtek KPPS diikuti oleh seluruh anggota KPPS sebanyak tujuh orang tiap TPS. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kelayakan kepada pemilih, profesionalisme, akuntabilitas, integritas, kredibilitas, dan transparansi KPPS sebagai penyelenggara pemungutan suara Pemilu 2024.

Adapun materi Bimtek yang berlangsung hingga sore hari ini antara lain berfokus pada Tugas dan fungsi KPPS, meliputi :

1. Persiapan TPS, termasuk denah dan perlengkapan TPS.

2. Pelayanan kepada pemilih, termasuk pemilih disabilitas dan pemilih khusus.

3. Prosedur pencoblosan, penghitungan suara dan menggunakan Aplikasi Sirekap.

4. Penanganan kotak dan surat suara, serta dokumen lainnya.

5. Penyelesaian sengketa dan pelaporan hasil pemungutan suara.

Bimtek menggambarkan situasi nyata di TPS. Seperti cara menerima dan memeriksa identitas pemilih, cara mengisi daftar hadir pemilih, cara memberikan surat suara kepada pemilih, cara mengawasi pemilih di bilik suara, cara menghitung surat suara, cara mengisi formulir C1, cara menggunakan SIREKAP dan cara menyerahkan hasil penghitungan surat suara ke PPS.

Melalui Bimtek ini diharapkan setiap anggota KPPS memiliki pemahaman yang mendalam terkait tugas dan tanggung jawabnya selama pemilu, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan sesuai harapan.

Dokumen Lampiran : Bimbingan Teknis KPPS Untuk Pemilihan Umum Tahun 2024


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT