Desa Plembutan Bangun Jaringan Irigasi Pertanian di Wilayah Toboyo Barat

Ratna Dewi 17 Juli 2018 15:13:07 WIB

SIDA PLEMBUTAN - Guna mengatasi kesulitan air irigasi pertanian di wilayah Desa Plembutan khususnya di lokasi pertanian Padukuhan Toboyo Barat, Pemerintah Desa Plembutan membangun jaringan irigasi di Padukuhan Toboyo Barat. Jaringan irigasi ini nantinya akan mengalir air dari sumur bor yang ada belakang Balai Padukuhan ke area pertanian setempat.

Jaringan irigasi ini dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDEsa) Plembutan tahun anggaran 2018 dengan sumber dana dai Dana Desa (DD). Selain pengadaaan jaringan perpipaan, dalam pembangunan ini DD juga dimanfaatkan untuk pengadaan Pompa untuk menaikkan air dari sumur bor.

Sebagaiman diketahui bersama bahwa penggunaan Dana Desa di athun 2018 ini sedikit berbeda karena adanya kebijakan pengalokasian anggaran dibidang pembangunan desa sebesar 30% untuk upah tenaga kerja. Maka dalam pembangunan jaringan irigasi ini pun menggunakan mekanisme tersebut.

Melalui pembangunan jaringan irigasi ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian khususnya di musim tanam MH2 serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT