TEMU INKLUSI NASIONAL KE 3 BERLOKASI DI DESA PLEMBUTAN

Ratna Dewi 14 September 2018 13:22:41 WIB

SIDA Plembutan - Temu Inklusi adalah acara dua tahunan yang diinisiasi oleh Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia sebagai ruang berbagi, berjejaring dan konsolidasi gerakan Difabel dalam mendorong terwujudnya Indonesia yang inklusif. Perintisan forum ini dimulai pada tahun 2014, dimana salah satu hasil nyatanya adalah munculnya gagasan konsep Desa Inklusi. Hingga saat ini, Desa Inklusi telah diinisiasi oleh SIGAB dan lebih dari 6 organisasi lainnya di berbagai daerah.

Setelah 2 tahun yang lalu Temu Inklusi dilaksanakan di Kulonprogo, kali ini Temu Inklusi dilaksanakan di Gunungkidul tepatnya di Desa Plembutan. Adapun rencana pelaksanaannya adalah di akhir Oktober (22-25 Oktober 2018).

Acara yang mengambil tema “Menuju Indonesia Inklusif 2030 melalui Inovasi Kolaboratifini memiliki tujuan :

  1. Wadah berbagi pengalaman, sumberdaya dan jejaring antara organisasi-organisasi Difabel maupun organisasi-organisasi masyarakat sipil, non-pemerintah, serta lembaga pemerintah dalam menguatkan upaya mewujudkan inklusi bagi Difabel.
  2. Bagian dari kampanye penyadaran publik akan perspektif dan pemahaman positif atas keberadaan Difabel dalam rangka mencapai kesetaraan dan inklusi sosial.
  3. Menghasilkan rekomendasi bersama dan tindak lanjut kolaboratif antar pemangku kepentingan dalam pemenuhan hak difabel.
  4. Ajang konsolidasi untuk penguatan advokasi yang berkelanjutan.

Temu Inklusi 2018 bersifat terbuka bagi anak-anak hingga dewasa dan diperkirakan akan ada lebih dari dari 3.000 warga yang akan bergabung dalam acara ini. Peserta dari luar daerah akan menginap di beberapa rumah warga yang tersebar di 10 padukuhan di desa Plembutan.

Menurut rencana yang telah disusun oleh penyelenggara, acara temu inklusi ini akan diisi dengan berbagai acara seperti seminar nasional, worshop tematik, pameran, lomba foto, senam inklusi,  game inklusi, panggung hiburan dll.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT