Persiapkan Penyerapan Dana Desa 2019, Pemdes adakan Rakor & Pembinaan TPK

IBN 27 Maret 2019 09:08:18 WIB

PLEMBUTAN (SIDA) - Dalam rangka melaksanakan pembangunan desa yang bersumber dari Dana Desa tahun 2019, Senin (25/3) Pemerintah Desa Plembutan mengadakan rakor dan pembinaan terhadap Tim Pengelelola Kegiatan (TPK).  Dalam pembinaan yang bertempat di Balai Desa Plembutan, Pemdes mengundang TPK dari kegiatan dalam APBDesa 2019 yang bersumber dari Dana Desa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Plembutan (Ibu Yanti) menyampaikan bahwa melalui pembinaan ini nantinya TPK dapat bekerja dengan optimal sehingga dapat memberikan hasil pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat. Beliau juga berterimakasih kepada segenap anggota TPK yang telah bersedia menjadi bagian dalam pembangunan desa ini. Melalui pembinaan dan koordinasi diawal proses semacam ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas komunikasi dan kinerja TPK meskipun pada nantinya TPK ini tidak bekerja secara serentak dan dalam waktu yang bersamaan, hal ini dikarenakan Dana Desa masuk / ditransfer ke rekening kas desa dalam 3 termin.

Dalam agenda ini, Pendamping Desa turut hadir dan memberikan pembinaan terhadap TPK. Pembinaan ini terkait adanya regulasi baru yang mengatur proses pengadaan barang/jasa di desa dan menjadi dasar kinerja TPK pada nantinya. Perlu diketahui bersama bahwa diakhir tahun 2018 Bupati Guungkidul menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 58 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 39 Tahun 2015 tentang Tatacara Pengadaan Barang/Jasa di Desa.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2019 ini hanya ada satu tim (Tim Pengelola Kegiatan) dalam pelaksanaan kegiatan sementara di tahun-tahun sebelumnya terdapat dua tim (Tim Pengelola & Tim Pelaksana Kegiatan). Dengan adanya pembinaan ini diharapkan tidak terjadi kebingungan dalam intern TPK.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Feed IG Pem. Kal. Plembutan

PROFIL KALURAHAN PLEMBUTAN

Translate

PENGADUAN MASYARAKAT